TUJUAN BIKIN MUSIK MENURUT KEBUTUHAN

TUJUAN BIKIN MUSIK MENURUT KEBUTUHAN

Gw emang penikmat musik sejati. Sehari aja gak denger musik, rasanya bukan cuma kurang garem, tapi kurang kuah sama isinya juga. Hmm bisa kebayang kan betapa gw butuh bangeett musik, karena bagi gw musik itu merupakan wakil jiwa , teman dalam sepi sekaligus wadah untuk berekspresi. Klo lagi sedih denger musik yang mellow, bisa jadi tambah mewek, klo lagi seneng denger musik yang ceria, bisa jadi tambah happy. Musik juga mewakili berbagai rentetan-rentetan kejadian. Misal, klo elo denger satu musik yang romantis, lo jadi inget sama kejadian sepuluh tahun yang lalu, waktu elo lagi nyosor pacar pertama lo, terus kepergok sama bokapnya, “Nah lho”.
Nah, klo diliat dari kebutuhannya, menurut gw tujuan bikin musik ada 4 (empat), ini menurut gw lho ya, klo menurut elo ya terserah aja :
1) Untuk pribadi
Klo untuk kebutuhan ini, menurut gw tujuannya adalah “just for fun” aja, cuma buat koleksi pribadi, bukan untuk dikonsumsi oleh publik, gimana mau dikonsumsi  wong biasanya bikinnya cuma iseng-iseng doank. Sebagai contoh ringannya : elo lagi mandi sambil gonjrang ganjreng terus ngoceh-ngoceh gak jelas, selesai mandi sukur-sukur elo bisa inget tadi abis nyanyi apa, karena biasanya klo udah selesai langsung lupa deh sama lirik dan kuncinya, hehehehe.

2) Untuk cari uang
Klo untuk kebutuhan yang satu ini tujuannya agak lebih serius, karena mereka bener-bener harus mikirin materi dan musik yang mau digarap, karena tujuannya adalah gimana caranya mereka bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya dari musik yang mereka buat dan bagaimana caranya supaya musik yang mereka buat bisa menarik simpati para pendengarnya. Sebagai contoh kecil : Para pencipta lagu, pengamen-pengamen jalanan, group band, vocal group, dsb.

3) Untuk ketenaran
Ini adalah satu-satunya tujuan bikin musik yang paling gw benci, yaitu bikin musik hanya untuk ketenaran semata. Biasanya musik yang dibawainnya pun jadi terkesan asal, karena mereka gak peduli apakah musiknya bagus ato ngga,  suaranya fales ato kaya kaleng rombeng, asal gw tenar dan dikenal sama banyak orang, itu udah bikin mereka puas, karena emang itulah yang mereka cari. Dan mereka gak peduli apakah nantinya mereka untung ato rugi, karena biasanya mereka emang berasal dari kalangan atas, yang udah punya segalanya, jadi gak pusing-pusing lagi mikirin untung ato ruginya. Ugh, sedihnya hati ini, karena orang-orang seperti inilah yang merusak industri musik tanah air kita dan menghalalkan berbagai cara.

4) Untuk tujuan religi / Syiar agama
Nah, klo ini menurut gw tujuan bermusik yang paling sejuk. Bikin lagu untuk tujuan religi ato syiar agama. Biasanya materi-materi lagu yang dibawakan lebih kepada hubungan kita dengan Tuhan, mengajak umat untuk selalu ingat kepada Nya. Dan menurut gw mereka gak perlu banting tulang supaya musiknya bisa laris, karena musik-musik yang kaya gini tanpa di promosiin pun udah banyak peminatnya. Sebagai contoh : gambusan, lagu rohani islam, lagu rohani kristen, hindu, budha, dsb.

Yah, itulah tujuan bikin musik menurut gw klo diliat dari kebutuhannya, selebihnya klo elo punya definisi yang lain, ato mau nambahin, sah-sah aja karena setiap orang emang punya tujuan masing-masing dalam bermusik. Kaya gw yang selalu punya sejuta definisi tentang musik. Hehehe

Salam Gerilya
-Intan-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: