PAKET PROMO DALAM GIGS BIN EVENT

Sudah saya tuliskan tips sebelumnya bahwa mencari GIGS atau EVENT itu jangan asal, maksudnya adalah supaya band kita punya visi dan misi jelas dalam bergerak. Silahkan baca

CARI GIGS BIN EVENT LEWAT IDENTIFIKASI

Nah, langkah selanjutnya adalah menyiapkan :

PAKET PROMO BAND INDIE

Biasanya ciri-ciri band yang gak bakalan maju adalah yang gak mikirin ginian. Mereka cuma mentingin latihan dan tampil perfect. Udah ! Kalo si Band turunan orang tajir sih mudah aja bayar orang buat ngurusinnya. Nah, untuk band yang membangun karirnya dengan modal dengkul tentu harus pinter-pinter merancang strategi.

Dalam tiap pertunjukan, kita harus segencar mungkin meninggalkan jejak. Kita sebarkan virus dimanapun kita berada. Salah satunya dengan memberikan paket promo pada sejumlah orang.

Secara prinsip, bentuknya sama dengan apa yang biasanya kita kirim untuk demo label, yakni berupa “ Proposal Band “.Tak perlu bertele-tele dalam format isinya. To the point ! Saya sendiri sering malas jika mendapat proposal yang tulisannya mbulet gak karuan. Terlalu berbuih-buih promosinya. Nah, bisa kebayang kan  bagaimana jika proposal itu diberikan pada orang super sibuk ?

Packinglah proposal itu secara manis, simple dan nampak professional. Kalo perlu bikinkan cover dengan desain terbaik sesuai warna musik kalian. Sertakan CD demo dengan minimal 4 – 5 lagu yang telah direkam maksimal. Ingat, sekarang ini beda dengan jaman The Beatles. Hampir semua orang sangat peka terhadap kualitas audio. Demo live  doang biasanya pada ogah ngedengerinnya. Lagian kalo kualitasnya keren kan sudah bisa disebut mini album walau dilemparnya dalam versi indie.

Kelengkapan lainnya adalah sejumlah copian klipping atau review media. Yang ini juga penting. Dokumen ini akan menunjukkan seperti apa sih karya band kita di mata orang lain, bagaimana pandangan obyektif mereka dan lain sebagainya. Tapi sekali lagi ingat, jangan kebanyakan promosi karena bisa bikin orang eneg ! Sertakan dokumen yang penting-penting saja.

Berikan document itu pada orang-orang yang punya akses dan ekses kuat pada sejumlah gigs. Biasanya pada ketua panitia atau ketua acara hiburan. Hati-hati dengan para mafia. Ciri khas para mafia biasanya selalu banyak omong, sombong, banyak janji, bergaya bos dan ujung-ujungnya minta duit pelicin. Pokoknya selidiki dulu dia itu siapa. Jangan mudah percaya dan mudah kemakan janji, yah… daripada ntar-ntarnya makan ati kan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: