CARA PROMOSI BAND INDIE (1)

Buat musisi-musisi berduit sepertinya menyewa seorang Public Relation (PR) atau para ahli jualan lainnya tentu bukanlah hal yang sulit, tapi bagaimana dengan yang isi kantongnya cuma kuat buat beli lontong opor ? Situs bule “about.com” menganjurkan pada para musisi untuk melakukan hal-hal di bawah ini :

IDENTIFIKASIKAN TUJUAN PROMOSI

Jangan berusaha mempromosikan hal yang terlalu banyak, besar dan serba sekaligus. Itu akan meyulitkan konsentrasi promosi.

Hem, anjuran itu masuk akal juga sih, sebab dengan demikian, tujuan promosi menjadi tidak focus. Biasanya para musisi terjebak untuk berusaha mempromosikan tiga hal secara bersamaan yakni :

  • Penjualan Album
  • Pertunjukan
  • Situs sebagai “kantor band”

About.com sepertinya menganjurkan bahwa sebaiknya yang jadi “modal awal” promosi adalah situs terlebih dahulu. Giring public ke situs anda. Dengan demikian public akan meluncur langsung ke TKP untuk tahu lebih banyak tentang anda dan produk-produk musik anda.

IDENTIFIKASIKAN AUDIENS MUSIK ANDA

Anda tentukan sendiri kira-kira musik anda itu di sukai siapa. Jangan selalu menganggap musik anda itu di minati tiap orang. Semakin jelas siapa konsumen musik anda , maka akan semakin membantu anda dalam mempersiapkan pertunjukan. Akan semakin simple lagi kerja anda jika anda punya grup fesbuk atau mailing list, sebab berbagai informasi yang anda sebarkan bakalan to the point dan tidak beredar sia-sia.

Kalo anda punya team yang militant, anda bisa bagi grup itu berdasarkan letak kota. Misalkan : GERILYAWAN EYB YOGYA, GERILYAWAN EYB JAKARTA, GERILYAWAN EYB DEPOK, dsb. Maksudnya adalah jika EYB manggung di Yogya, maka anda tak perlu habis-habisan promo di grup EYB Jakarta, biarkan yang di Jakarta sekedar mengetahui saja, sebaliknya gempur promo di grup Yogya sehebat mungkin.

MEMBUAT PAKET PROMO

Biar gampang, saya sebut saja “proposal”. Proposal itu terdiri dari dari lampiran-lampiran sbb :

  • Semacam kliping atau pemberitaan tentang band anda (dari Koran atau situs)
  • Profil singkat band
  • CD demo
  • VCD klip atau dokumentasi pertunjukan musik anda
  • Alamat markas, telpon dan email aktif anda
  • Photo-photo terbaru atau link situs dimana yang berkepentingan bisa mendownloadnya
  1. masih belum jelas infox bang…brarti band indi hrs buat demo lagu dulu,,kmudian disebar,,,? trus kalo sdh trsebar, yg akn menngani selanjutnya siapa ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: